JAJANAN KHAS PRACIMANTORO

Pracimantoro, kecamatan yang terletak di sebelah selatan kota Wonogiri ini terkenal dengan daerah penghasil batu kapur dan Museum Karstnya, namun satu tempat ini akan selalu dikunjungi para perantau jika meraka pulang ke kampung halamannya, yang manalagi kalau bukan  Pasar Pracimantoro.

Jika kalian  sering lewat Pasar Pracimantoro  jangan lupa mampir dan beki makanan ini :

1.   Tempe Theol

Tempe Theol atau Tempe Benguk merupakan tempe yang terbuat dari tanaman benguk(Mucuna pruriens) sejenis koro-koroan banyak dihasilkan para petani di pracimantoro, bijinya berwarna hitam, walaupun warnanya hitam tapi rasanya jempolan. Berbeda dengan tempe theol, Lentho juga menjadi jajanan favorit di pasar praci, jajanan yang terbuat dari tepung dan biji kacang panjang ini menjadi makanan yang serasi jika disandingkan dengan teh anget. Jajanan ini menjadi jajanan wajib yang dibeli para ibu-ibu sebagai oleh-oleh jika pergi ke pasar praci.

2.   Tongseng
Tongseng kambing, makanan yang paling cocok untuk sarapan di pasar praci, jika kalian berkunjung ke pasar praci sebelum jam 6 pagi rasakan sensasi makan tongseng kambing dan sapi yang bikin harimu tambah bersemangat.

3.   Sego Gendong
Sego gendong atau sego gudangan menjadi makanan yang sering dicari para pecinta makanan dipasar praci, nasi putih, dicampur dengan gudangan dan tempe bacem menjadi menu yang pas dan lezat dengan aroma bungkusnya daun jati menambah selera makan semakin tinggi, kalian para perantau pasti kalian merindukan sego ini, dengan harga yg begitu murah.

4.   Sambal Cabuk
Bagi para pecinta cabuk, setengah bungkus makanan ini akan menghabiskan nasi satu piring, cabuk adalah makanan yang terbuat dari wijen warnanya juga hitam tapi rasanya hmmmm bikin ketagihan, sayang untuk mendapatkan makanan ini sekarang sedikit sulit makanan ini hanya muncul setiap pasaran”wage” dan “legi”.

5.  Jenang Grendul
Tidak lupa makanan yang satu ini “Jenang Grendul”  makanan yang wajib kalian coba jika datang ke pasar pracimantoro, bulatan jenang yang terbuat dari tepung ketan dicampur dengan jenang lemu dan juruh gula jawa.

6. Jamu Gendong
jamu ini bisa kalian coba jika berkunjung ke pasar praci ada banyak jamu yang akan membuat tubuhmu kembali bugar, seperti jamu daun papaya yang pahit, akan menambah nafsu makan jika kamu meminumnya, ada juga jamu beras kencur, dan kunir asem yang menyegarkan. Selamat berkuliner ria di pracimantoro

Facebook Comments

3 Comments

Tinggalkan Balasan