LEZATNYA JENANG DODOL BIKIN KETAGIHAN

Jenang dodol salah satu makanan khas Pracimantoro dibuat turun temurun dari jaman dahulu. Panganan ini dibuat dari bahan-bahan alami dan tanpa bahan pengawet, panganan ini pilihan tepat sebagai hidangan keluarga, tamu, bahkan sebagai hidangan di setiap hajatan. Makanan khas Pracimantoro ini bisa di peroleh di pasar pracimantoro, atau bisa langsung ke home industri Jenang di dusun Belik, Dusun Godang, Dusun Ngulu Wetan masih di sikitaran pasar Pracimantoro, Kecamatan Pracimantoro, kabupaten Wonogiri, kurang lebih 30 km arah tenggara dari kota Wonogiri.
Bahan-bahan pembuatan Jenang Dodol semuanya dari hasil pertanian antara lain : Kelapa, Beras, Ketan, Gula Merah/Gula Jawa dan Bawang Merah.
Cara pembuatan : Kelapa di parut kemudian di ambil santannya, Beras dan Ketan di giling menjadi tepung dan Bawang Merah di potong kecil-kecil. Berikutnya Santan di masak hingga menjadi minyak/minyak kelapa, masukkan gula Merah/Gula Jawa setelah Gula mencair masukkan sedikit sedikit santan yang sudah direbus masukkan tepung beras dan ketan yang sudah di rendam dengan memasukkan potongan bawang merah untuk menambah rasa gurih, proses pembuatan jenang dodol ini memerlukan kurang lebih 7 – 8 jam sambil di aduk-aduk dan menggunakan bahan bakar kayu, apinyapun harus di atur stabil, tidak boleh kebesaran, sebab kalau api terlalu besar hasilnyapun juga tidak bagus.
Dari proses ini lah Jenang Dodol di buat.
Bagi saudara yang kebetulan lewat di Pracimantoro bisa mencoba dan mencicipi makanan khas Jenang Dodol ini.

SELAMAT MENCOBA

By. Angling

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan