BERSIH DUSUN WARGA DUSUN NGULU KIDUL

Pracimantoro [ 30 September 2018 ] — Sebagian orang Jawa, khususnya Jawa Tengah bagian selatan, yaitu Daerah Kecamatan Pracimantoro, Kab. Wonogiri dan sekitarnya sampai sekarang masih melaksanakan adat kebiasaan yang dinamakan Bersih Desa/Bersih Dusun Ada pula yang menamakan Sedekah Bumi.

Tradisi Bersih Dusun ini dilaksanakan satu kali dalam setahun, Bersih Dusun ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rejeki, kesehatan, keselamatan dan panen yang melimpah dalam satu tahun.

Kepala Dusun Ngulu Kidul menyerahkan tokoh wayang Jagal Abilowo

Pada  malam ini Minggu 30 September 2018 bertempat di Dusun Ngulu Kidul Desa pracimantoro, warga masyarakat Ngulu kidul mengadakan Beraih Dusun dengan menggelar Wayang Kulit oleh Ki Dalang Thantut Sutanto dari Klaten dengan lakon Wirotho Parwo. Sebagai tanda dimulai pagelaran wayang kulit Kepala Dusun Ngulu Kidul Purnanto menyerahkan tokoh wayang Jagal Abilowo.

Bp. Subagyana Kepala Desa Pracimantoro

Dalam sambutannya Kepala Desa Pracimantoro Subagyana mengatakan, bersih dusun di Dusun Ngulu Kidul ini sangat luar biasa, semua panitia memakai Kejawen, harapan dari pemerintah Desa Pracimantoro, pertahankan kekompakan, dan kebersamaan ini sehingga kedepannya Dusun Ngulu Kidul bisa menjadi tolak ukur untuk dusun yang lain.

Bersih dusun di Ngulu Kidul ini terlihat sangat istimewa karena dihadiri oleh Bapak Joko Sutopo Bupati Wonogiri, dalam sambutannya Bapak Joko Sutopo memaparkan Panca program Bupati Wonogiri termasuk pelayanan kesehatan gratis untuk warga kurang mampu, yang belum terkafer jamkesda bisa memakai SKTM dan atau menunjukkan KTP dan KK. (anglingdharma)

Bapak Joko Sutopo Bupati Wonogiri

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan