SOSIALISASI PAMSIMAS DESA PRACIMANTORO TAHUN 2021

Pracimantoro, 20 Januari 2021. Bertempat di pendopo Desa Pracimantoro telah dilaksanakan Sosialisasi PAMSIMAS III.  Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia, program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Program Pamsimas  bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan. Dengan  Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi).

Hadir Dalam acara tersebut Agung Indriyasmoro Hastoyogono Kepala desa Pracimantoro, Sulistiyorini Fasilitator Pamsimas, panitia KPSPAMS TIRTA MANDIRI Desa Pracimantoro dan perwakilan warga pemanfaat Pamsimas dari Dusun Tulangan dan Dusun Godang.

Dalam Sambutannya Kepala Desa Pracimantoro Agung Indriyasmoro Hastoyogono mengatakan, dalam program Pamsimas ini mari kita kelola dengan baik supaya warga masyarakat bisa mengkonsumsi air bersih yang murah, karena Pamsimas ini dikelola oleh masyarakat dan apabila dalam pengelolaannya benar dan transparan saya yakin akan mendapatkan sisa dari hasil pengelolaan ini. sementara Fasilitaotor Pamsimas Sulistiyorini mengatakan, Program ini tidak 100 % dibiayai oleh Negara tapi yang 20 % dibiayai oleh Swadaya Masyarakat.

Sebetulnya di Desa Pracimantoro telah mendapatkan Program PAMSIMAS di tahap I yaitu pada tahun 2008 ( Program Pamsimas I dilaksanakan pada tahun 2008 sampai tahun 2012 ), sedangkan Program Pamsimas II dilaksanakan pada tahun 2013 sampai dengan 2016, desa Pracimantoro tidak mendapat program ke II ini.

Pada tahun ini Desa Pracimantoro mendapatkan Program PAMSIMAS III yang akan di manfaatkan oleh sekitar 500 Kepala Keluarga ( KK ) di Dusun Tulangan dan Dusun Godang, sedangkan Pamsimas I ( tahun 2008 ) di manfaatkan oleh warga Dusun Ngulu Kidul ( 210 KK ). sedangkan untuk Dusun yang lain : Dusun Ngulu Wetan ( 219 KK ), Dusun Ngulu Tengah ( 210 KK ), Dusun Blindas ( 215 KK ) Program air bersih di anggarkan dari Dana Desa ( DD ) pada tahun 2018 – 2020 ( Angling Dharma )


 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan